Tips Audisi

Audisi adalah proses menyaring talent, dalam hal ini penyanyi, untuk sebuah show atau acara, di mana penyanyi menampilkan kemampuannya dalam waktu singkat di hadapan juri. Audisi bisa dilakukan untuk sebuah pertunjukkan teater, untuk bisa masuk ke paduan suara atau grup vokal, bisa juga untuk masuk ke ajang pencarian bakat seperti program Indonesian Idol di televisi. Berikut ini beberapa tips-nya.

Audisi biasanya dilakukan di hadapan tiga orang juri atau lebih. Dalam audisi yang banyak pesertanya, kita tidak akan memiliki banyak waktu untuk bernyanyi di hadapan juri. Jika nyanyian kita dirasakan terlalu lama, juri tidak akan ragu-ragu meminta kita untuk berhenti. Inilah pentingnya kita mempersiapkan diri dengan matang. Dalam waktu yang singkat itu kita harus menunjukkan kemampuan kita, dan memberi sesuatu yang mengesankan bagi para juri.

Dalam audisi untuk masuk ke kompetisi bakat di televisi, para peserta harus melewati beberapa tahap dulu sebelum akhirnya bertemu dengan juri di TV. Tahap pertama biasanya adalah proses penyaringan dari sekian ribu pendaftar, melalui sejumlah booth kecil dengan juri-juri lokal. Dalam tahap ini, waktunya betul-betul singkat, kita hanya dikasih kesempatan menyanyikan bagian chorus atau reff lagu saja. Juri lokal akan menentukan apakah kita maju ke tahap selanjutnya, yaitu video booth. Dalam tahap video booth, kita akan bernyanyi di hadapan tim produksi TV dan direkam. Hasil rekaman akan dibawa ke tim programming di TV untuk akhirnya diseleksi lagi. Jika kita berhasil melewati semua tahapan tersebut, baru kita memiliki kesempatan audisi di hadapan juri TV.

Kenali acara yang kita tuju
Apakah kita audisi untuk sebuah teater musikal? Jika iya maka siapkanlah materi audisi yang memang sesuai dengan acara musikal. Misalnya lagu-lagu Broadway. Kalau audisi untuk ajang pencarian bakat di televisi, sudah pasti siapkan materi lagu-lagu yang populer dan sedang trend. Jika kita audisi untuk paduan suara misalnya, tentu akan dites kemampuan membaca notasi kita, persiapkan dengan baik.

Persiapkan materi audisi dengan baik
Percayalah, nyanyi di hadapan tiga orang juri audisi terkadang lebih membuat gugup dibanding nyanyi di hadapan 100 orang audiens. Satu cara yang paling efektif menekan rasa gugup itu adalah dengan mempersiapkan materi audisi dengan baik. Selalu persiapkan lebih dari dua pilihan lagu. Kadang kita sudah mempersiapkan satu lagu dengan serius, tetapi bisa saja tiba-tiba juri meminta lagu lain, kita harus siap.

Tunjukkan percaya dirimu
Setiap acara memang memiliki kebutuhannya masing-masing ketika mereka melakukan audisi. Tetapi saya yakin, semua itu mencari karakter yang kuat. Saat kita maju ke tengah ruang audisi dengan penuh percaya diri, maka kita akan terlihat lebih bersinar. Sinar itulah yang akan memberi kesan kepada para juri.

Perhatikan penampilanmu
Selain meningkatkan rasa PD kamu, penampilan yang baik juga menunjukkan bahwa kita menghargai para juri. Lebih utama lagi, kita menunjukkan bahwa kita menghargai diri kita sendiri. Karena, kalau kita sendiri tidak menghargai diri sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kita?

Jangan pilih lagu yang pasaran
Dalam sebuah audisi yang diikuti banyak peserta, sering ditemui lagu yang sama. Juri akan bosan mendengar lagu yang sama terus-menerus. Jika ini terjadi, kita tidak akan memberi kesan yang bagus saat menyanyikan lagu tersebut. Pilihlah lagu yang unik, dan menunjukkan kemampuan dan kepribadian kamu.

Bawa bekal untuk menunggu
Dalam audisi apapun, kita akan menunggu giliran untuk dipanggil ke ruang audisi. Di masa menunggu itu, kita akan merasakan antisipasi, tegang, dan mungkin juga rasa bosan akan menghantui jika kita harus menunggu lama. Pastikan kamu membawa minuman dan snack, juga bahan bacaan, dan music player.

Membuat teman baru
Pada saat menunggu giliran audisi, kita akan berada satu tempat dengan para peserta audisi lainnya. Kemungkinan besar, jika kalian berada di audisi yang sama, kalian memiliki minat dan hobi yang sama. Kesempatan untuk menambah teman dan memperluas jaringan.

Mudah dihubungi
Jika setelah audisi ternyata kita terpilih, maka penyelenggara akan menghubungi kita. Tapi jika kita sulit dihubungi, telpon mati, tidak diangkat, pesan tidak dibalas, email tidak dibalas, maka kemungkinan besar penyelenggara akan mencoret nama kita dan mengganti pilihan mereka ke peserta audisi lain.

VokalPlusTV: Tips audisi dari vocal director Indonesian Idol