Skema Panggung Dan Soundcheck

Venue dan panggung adalah medan tempur penyanyi. Dan dalam setiap pertempuran, ada persiapan untuk menyususn strategi dan mengenal peta. Ada baiknya kita penyanyi mengenal seperti apa skema panggung. Apakah nanti kita akan tampil di panggung kecil, atau besar, atau sekadar akustikan saja tanpa speaker.
Penggunaan sound system tidak selalu sama, tergantung dari keperluan acara. Jumlah watt yang digunakan, jumlah speaker, jumlah monitor, ampilifier, semua bisa disesuaikan. Misalnya acara kecil di ruangan yang tidak terlalu besar, maka kebutuhan sound systemnya pun lebih kecil dan sederhana. Sedangkan untuk acara yang besar di luar ruangan maka kebutuhan sound system juga menjadi besar dan rumit. Berikut ini contoh skema secara garis besar sound system untuk acara yang kecil dan yang besar.

Panggung minimalis: Hanya menggunakan amplifier untuk alat musik, dan microphone penyanyi dicolok ke amplifier, biasanya ampli keyboard.

Panggung kecil: Selain amplifier, ada juga satu mixer yang dikeluarkan ke speaker house. Jumlah speaker tergantung kepada jumlah watt. Yang menentukan jumlah watt adalah jumlah audiens dan besarnya ruangan atau venue.

Panggung besar: Selain amplifier, mixer untuk house spekers, ada juga mixer untuk monitor. Biasanya mixer monitor ini terletak di samping panggung, untuk memudahkan mengatur speaker monitor.

Biasanya sebelum acara atau konser dimulai, ada kegiatan yang dinamakan sound check. Beberapa tujuan dari sound check secara umum:

  1. Mengecek semua peralatan berfungsi dengan baik.
  2. Mengecek apakah semua jalur kabel sudah sesuai kebutuhan.
  3. Mengatur level monitor untuk masing-masing pemain.
  4. Mengatur keseimbangan volume keseluruhan yang keluar di speaker house.
  5. Mengatur sound setiap instrumen secara spesifik.
    Bagi vokalis, sound check adalah saat kita mengatur sound dari microphone kita. Apakah kita membutuhkan efek seperti reverb, bagaimana equalizer (hi, mid, dan low) yang kita inginkan, seberapa besar kita ingin mendengar suara kita dari monitor di panggung, serta apa saja instrumen pengiring yang ingin kita dengar dari monitor.