Mengatasi Gugup

Demam panggung, atau rasa gugup sesaat sebelum naik ke panggung merupakan masalah yang sering menghantui seorang vokalis. Gejalanya antara lain lutut terasa lemas, mual, keringat yang berlebih, dan nafas yang memburu. Demam panggung bukan hanya dialami vokalis atau musisi yang masih baru, tetapi dirasakan juga oleh mereka yang sudah berpengalaman, tingkatannya saja yang berbeda. Vokalis tenor hkamul Lucciano Pavarotti pernah mengakui bahwa dirinya masih mengalami demam panggung bahkan ketika sudah berada di puncak karirnya.
Gugup sebelum naik panggung adalah hal yang wajar. Ada yang mengatakan bahwa perasaan gugup sebetulnya adalah perasaan tidak sabar untuk segera naik dan tampil di atas panggung. Ada juga sebagian musisi yang memang memiliki sifat pemalu. Seiring dengan meningkatnya jam terbang dan pengalaman, masalah demam panggung ini otomatis akan terus berkurang. Lalu apa saja hal yang dapat membantu mengurangi gejala demam panggung?

Jam terbang
Seperti sudah disebutkan di atas, semakin sering kita tampil di atas panggung, semakin terbiasa kita menghadapi rasa gugup. Oleh karena itu, jika kamu termasuk baru dalam dunia penampilan, sangat disarankan untuk mengambil setiap kesempatan untuk tampil dan menomorduakan urusan honor. Beberapa contoh kesempatan untuk tampil di atas panggung, antara lain seperti dalam acara resepsi pernikahan, peluncuran produk, acara perusahaan, hingga acara reguler di kafe atau restoran, dapat kita gunakan untuk tempat kita berlatih dan menabung jam terbang.

Persiapan yang cukup
Persiapan yang matang akan sangat berpengaruh dalam mengurangi tekanan rasa gugup kita sebelum naik ke atas panggung. Jika kita menyadari bahwa kita belum melakukan persiapan yang cukup, seperti belum cukup latihan dengan band, atau belum hafal bagian dari sebuah lagu, atau belum hafal lirik lagu misalnya, hal ini akan membuat kita merasa sangat gugup seperti anak sekolah SD yang menghadapi ulangan umum mata pelajaran yang sulit tanpa belajar. Pelajari materi penampilan dengan baik dan beri waktu untuk materi tersebut terserap oleh kita sebelum melakukan penampilan.

Datang lebih awal
Datanglah lebih awal ke venue tempat kamu akan melakukan penampilan. Hal ini juga sangat membantu kita mengurangi rasa gugup. Datang lebih awal sama sekali tidak ada ruginya karena waktu yang ada dapat kamu gunakan untuk memeriksa kembali segala keperluan kamu di atas panggung, kamu bisa melakukan sound check, dan jika ada perlengkapan kamu yang tertinggal di rumah kamu tidak perlu khawatir karena masih banyak waktu untuk mencari solusinya. Selain hal teknis di atas, datang lebih awal memberi kamu kesempatan untuk mengenal medan terlebih dahulu. kamu dapat mengenal panggung kamu lebih jauh, seberapa luas, seberapa tinggi, apakah lantainya licin atau tidak, membayangkan di mana kamu akan berdiri dan sebagainya. Menguasai medan sangat membantu meningkatkan rasa percaya diri kita sebelum sebuah penampilan.

Hindari konsumsi alkohol
Alkohol seringkali dianggap dapat mengurangi rasa gugup sebelum tampil karena mengonsumsi alkohol dapat membuat seseorang menjadi lebih santai. Saya tidak sependapat. Alkohol akan mengurangi tingkat konsentrasi kita, akibatnya bukan hanya kepada penampilan kita tetapi juga dapat mencelakakan diri kita. Ada beberapa kasus vokalis yang terjatuh di tengah penampilan karena ia mabuk. Selain itu alkohol membuat kita dehidrasi karena dengan mengonsumsi alkohol otomatis kita akan sering buang air kecil. Hal ini jelas tidak baik untuk pita suara kita. Selain itu efek kembung yang dihasilkan alkohol tidak akan membuat kita nyaman di atas panggung.

Pernafasan
Daripada mengonsumsi alkohol, saya lebih memilih untuk latihan pernafasan sebelum tampil. Latihan pernafasan akan membantu kita merasa rileks tanpa efek samping yang buruk. Malah latihan pernafasan akan membuat organ pernafasan kita siap tempur, artinya latihan pernafasan juga merupakan bentuk pemanasan yang baik bagi instrumen vokal kita. Bentuk latihan pernafasan paling sederhana untuk relaksasi adalah menghirup nafas panjang dari hidung lalu menghembuskan lewat mulut secara perlahan.

VokalPlusTV: 8 tips mengatasi demam panggung