Membersihkan Microphone

Microphone adalah sebuah benda yang sebetulnya mudah kotor secara tidak disadari, khususnya dalam pemakaian music hidup atau live. Grille dan busa dalam microphone tersaturasi oleh saliva, tersumbat lipstick, dan juga misalnya bau rokok yang menempel pada permukaan microphone.
Sangat disarankan untuk membersihkan microphone secara regular. Tidak hanya hal ini akan meningkatkan performanya untuk jangka panjang tetapi juga untuk masalah kesehatan.

Cara paling mudah untuk membersihkan mic adalah dengan mencopot grille-nya. Kebanyakan mic vocal (misalnya Shure SM58) biasanya mudah untuk mencopotnya, yaitu cukup kamu putar. Setelah grille dicopot, kamu tingal membersihkannya tanpa harus ada resiko kerusakan pada mic. Karena kebanyakan kotoran yang menempel pada grille datang dari manusia, maka air saja sebetulnya cukup untuk membersihkannya. Menambahkan sedikit saja detergent akan membantu membersihkan bakteri serta menghilangkan bau. Untuk menghilangkan noda bekas lipstick, gunakan sikat gigi dengan sikat yang halus. Pada beberapa model mic, busa pada grille bisa dicabut, tetapi hal ini tidak terlalu perlu karena air tidak merusak busa tersebut. Kebanyakan grille microphone sudah dilapisi oleh lapisan anti karat jadi kamu tidak perlu khawatir.

Hal yang sangat penting di sini adalah, biarkan grille microphone betul-betul kering saat kamu memasangnya kembali pada microphone! Karena air tentu tidak baik untuk komponen-komponen yang ada di dalam microphone. Sedikit kelembapan tidak jadi masalah bagi mic, tetapi jika terlalu basah tentu bias merusak. Keringkan grille dengan dijemur, hati-hati jika kamu mengeringkan menggunakan hair-dryer, karena jika terlalu panas bisa melelehkan bahan busa windscreen dalam grille.

Untuk mic yang grille-nya tidak bisa dicopot, misalnya Shure SM57, kita harus ekstra hati-hati. Gunakan sikat gigi dengan sedikit air, lalu sikat secara halus dengan keadaan mic terbalik untuk mencegah masuknya air ke dalam mic. Teknik ini juga bisa digunakan untuk membersihkan busa diafragma mic SM58, sekali lagi, bersihkan dengan keadaan mic terbalik untuk mencegah masuknya air, dan lakukan dengan halus.

Membersihkan microphone condenser
Karena jenis mic ini lebih sensitif dari dynamic mic, maka jangan menggunakan air untuk membersihkannya, karena sedikit saja air yang masuk bisa merusak komponen condenser mic. Jika mic condenser tersebut memiliki grille yang bisa dicopot, maka masih bisa dibersihkan seperti yang digambarkan di atas, tetapi harap diingat untuk memastikan grille sudah betul-betul kering sebelum memasangnya kembali. Untuk mic condenser yang grille-nya permanen atau tidak bisa dicopot, maka gunakan sikat gigi halus yang kering, dan sikat secara halus dalam keadaan terbalik agar partikel-partikel kotoran jatuh menjauhi microphone. Ingat jangan pernah membiarkan air memasukin mic condenser.