Manajemen Artis

Manajemen artis adalah sebuah perusahaan yang membantu talent mendapatkan pekerjaan dan mengurus hal-hal yang menyangkut bisnis seperti tawar-menawar, surat-menyurat, kontrak, invoice, juga yang menyangkut produksi seperti mengatur jadwal latihan, menyewa tenaga kru, road manager, dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita sebagai talent tentu menjadi dimudahkan dan bisa fokus dengan karya dan performance. Untuk timbal baliknya, manajemen mendapat komisi dari pendapatan pekerjaan talent. Sebuah manajemen artis bisa mengurus beberapa talent. Bisa saja talent yang mereka pegang terdiri dari berbagai profesi, dari penyanyi, bintang iklan, hingga artis sinteron. Manajemen artis biasanya mendapat talent-nya dengan cara bervariasi. Ada yang melalui talent scout, ada yang melalui rekomendasi, ada juga dari talent-nya sendiri yang mengajukan diri untuk bergabung.

Sekarang ini, tidak sedikit artis yang manajemennya adalah manajemen sendiri. Dengan begitu, si artis dapat mengatur sendiri pekerjaan yang mana yang ingin ia ambil, berapa harganya, kapan waktunya, di mana lokasinya dan lain-lain.

Perlu saya sebutkan, bahwa hubungan artis dengan manajemen adalah artis sebagai yang mempekerjakan manajemen, bukan sebaliknya. Jadi manajer artis bukanlah bos dari artis tersebut melainkan sebaliknya. Artislah yang menggunakan jasa manajer dan perusahaan manajemen.

Gambaran kerjasama artis dengan manajemen
Artis A bergabung dengan manajemen X. Lalu manajemen X menawarkan artis A ke berbagai event, rumah produksi, agensi iklan, brand, dan sebagainya, dalam rangka memasarkan talent-nya. Lalu manajemen X mendapatkan sebuah deal pekerjaan nyanyi untuk artis A di sebuah event. Jumlah deal untuk pekerjaan yang dimaksud adalah misalnya Rp10.000.000,00 kira-kira bentuk pembagiannya sebagai berikut: Dari jumlah total dikurangi dana produksi dulu mencakupi biaya latihan band, kru, pengiring, dll. Misalnya Rp3.000.000,00. Lalu sisanya Rp7.000.000,00 komisi manajemen sebesar 30% atau Rp2.100.000,00. Jadi talent mendapatkan bersih Rp4.900.000,00 untuk pekerjaan tersebut. Ada juga yang komisi dihitung dari jumlah total sebelum dipotong dana produksi, dan jumlahnya ada yang tidak 30%, semua itu tergantung kesepakatan antara talent dengan manajemen.