Eksistensi Online Penyanyi

Di era sekarang ini kehidupan kita tidak terpisahkan dari internet. Mencari alamat, berbelanja, melihat jadwal bioskop, memesan tiket pesawat, belajar memasak, dan banyak lagi, semuanya dilakukan melalui internet. Bahkan melihat video klip artis baru dan mendengarkan musik streaming juga lewat internet. Jadi sudah tidak ada alasan bagi kita penyanyi untuk tidak mempergunakan internet untuk karir kita.

Ketika kamu melihat seorang penyanyi yang kamu suka di sebuah acara, lalu kamu tertarik untuk tahu mengenai penyanyi itu lebih jauh, apa yang akan kamu lakukan? Stop, tidak perlu dijawab, saya akan baca pikiran kamu. Aha! Kamu akan melakukan pencarian di internet. Sekarang coba dibalik, kamu bukan yang menjadi penonton, tapi kamulah penyanyi yang dicari di internet oleh penonton. Kira-kira apa yang akan mereka temukan? Pernahkah kamu memikirkan hal ini?

Ketika si penonton tersebut mencari kita di Google lalu tidak menemukan informasi apa-apa, yang terjadi adalah kita telah kehilangan satu calon fans! Hal ini tentu sangat disayangkan. Padahal bayangkan kalau setelah si penonton itu menemukan video-video kita di YouTube, akun Twitter dan Instagram kita yang aktif, bahkan ia menemukan situs web resmi kita berisi profil, jadwal manggung, informasi album terbaru, sudah pasti kita mendapatkan follower atau fans baru. Berikut ini beberapa hal mendasar yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat keberadaan online.

Nama sebagai brand
Untuk memiliki eksistensi yang kuat, kita sebaiknya memperlakukan nama kita sebagai brand. Pertama tentukan dulu brand kamu. Bagi saya, brand yang saya jaga adalah Indra Aziz. Gunakan nama yang sudah kamu tentukan di seluruh akun media sosial kamu untuk keseragaman brand.

Foto yang terpilih
Bukan bermaksud narsis, tetapi foto profil kita di seluruh akun media sosial sebaiknya yang benar-benar terpilih, dan merepresentasikan jati diri kita sebagai artis. Juga foto yang kita unggah di Instagram atau Facebook page, pilihlah yang benar-benar bagus sebagai galeri kita.

Informasi yang lengkap
Di seluruh halaman profil kita, cantumkan nomor kontak, alamat email, serta akun media sosial yang kita anggap penting. Nomor telpon yang dicantumkan tentu tidak perlu nomor pribadi kamu melainkan perwakilan kamu, baik manajer atau asisten. Alamat email juga sama, silahkan dibedakan alamat email pribadi dengan email bisnis.

Profil singkat dan profil panjang
Bisakah kamu menggambarkan siapa kamu dalam 140 karakter? Pikirkan bagaimana kamu ingin orang lain melihat sosok kamu sebagai penyanyi atau artis. Tidak semua orang mau menyediakan waktunya untuk membaca profil kita yang lebih panjang atau lengkap. Tetapi ada baiknya tetap kita persiapkan. Apalagi ketika nanti kita mulai bekerjasama dengan pihak lain misalnya brand-brand besar yang ingin tahu siapa artis yang mau diajak kerjasama.