Belajar Dan Latihan Lagu Baru

Seorang vokalis akan terus bertemu dengan berbagai materi baru dalam karirnya. Seperti seniman lain pada umumnya vokalis terus berkembang dan ini merupakan proses yang menyenangkan. Di salah satu kampus tempat saya mengajar, salah satu materi yang diujikan diberi judul 24-hour piece yaitu sebuah karya lagu yang harus dinyanyikan seorang mahasiswa/i tetapi ia hanya memiliki waktu 24 jam untuk mempelajari lagu tersebut.

Dalam dunia profesional, hal yang sama juga selalu terjadi. Contohnya dalam sebuah show di TV, bisa saja produser acara TV tersebut baru memutuskan bahwa ada lagu yang baru yang diminta oleh sponsor dan harus dibawakan. Atau dalam acara resepsi perkawinan, tiba-tiba klien mengganti lagu prosesi masuk dengan lagu yang sama sekali baru. Seorang vokalis profesional harus siap menghadapi masalah ini. Seperti sudah ditulis di atas, bahwa walau harus mempelajari lagu dalam waktu yang singkat, ini adalah proses yang harusnya menyenangkan, toh materi baru ini juga akan memperkaya diri kita sebagai seniman.

Lalu bagaimana metode yang paling efektif mempelajari materi baru ini? Saya menjawab tidak ada satu metode yang paling ampuh karena setiap individu berbeda. Tetapi berikut ini adalah metode yang telah banyak membantu saya dan beberapa murid vokal dalam mempelajari materi baru.

  • Jika materi baru ini ada bentuk rekamannya, misalnya seorang penulis lagu memberikan demo kepada kamu, atau kamu melakukan cover lagu orang lain, dengarkan rekaman ini berulang-ulang tanpa kamu mencoba untuk menghafal atau menganalisa, dengarkan saja. Biarkan secara perlahan gambaran besar atau peta lagunya secara umum menyerap ke dalam ingatan kamu.
  • Pelajari bagan dan alur dari lagu tersebut. Bagaimana anatomi lagunya secara umum, apakah bentuknya verse – chorus – verse – bridge, atau bagaimana. Mengetahui form lagu akan memberikan kita peta untuk memudahkan kita mampelajari detail lainnya secara perbagian.
  • Mulai mempelajari melodi dan ritme dari lagu secara seksama. Saya merasa sangat terbantu jika melakukan hal ini sambil membaca lirik lagu. Secara tidak sadar, kata-kata dalam lirik mempermudah kita mengingat melodi karena kata-kata tersebut akan terasosiasi dengan pitch, menjadikannya lebih mudah diingat.
  • Jika kamu bisa bermain piano atau keyboard, coba mainkan melodi lagu di piano dan mulai memberikan harmoni atau kord pada melodi tersebut. dengan melakukan hal ini kita akan “memahat” materi lagu secara jelas diingatan kita.
  • Pelajari lirik secara mendalam. Setiap lagu memiliki cerita dan pesan. Dalami apa isi dari lagu tersebut hingga kita mengerti betul apa yang dibicarakan. Hal ini penting karena menyangkut bagaimana kita sebagai vokalis bisa menghayati lagu saat kita membawakannya.