Vibrato

Vibrato adalah teknik vokal yang memberikan kesan bergelombang pada nyanyian kita. Vibrato merupakan perpaduan antara pengaturan gerak pita suara serta pengaturan pernafasan. Teknik ini akan memperindah nyanyian seseorang, tetapi bisa juga membuat nyanyian seseorang terasa kaku dan monoton karena penggunaan vibrato yang berlebihan.
Penggunaan vibrato ini juga terkait dengan gaya musik yang dibawakan. Pada musik pop dan jazz pada umumnya, vibrato memegang peranan penting terutama di lagu-lagu balada, tetapi penggunaannya perlu perhatian agar tidak terlalu banyak dan menggangu. Sementara gaya musik bossanova dan samba, vibrato tidaklah terlalu penting, karena ciri khas gaya vokal bossa nova yang halus dan polos seperti Astrud Gilberto.

Walau banyak penyanyi yang secara alami sudah bisa melakukan vibrato, namun penempatan vibrato seharusnya merupakan sesuatu yang terkendali secara sadar dan bukan sesuatu yang tidak terkendali bagi vokalis. Seorang vokalis harus tahu di mana ia akan melakukan vibrato, seberapa panjang dan seberapa lebar vibratonya, dan yang terpenting kapan ia tidak menggunakan vibrato sama sekali.

Namun demikian, terjadinya vibrato itu sendiri sebaiknya tidak dibuat-buat, melainkan muncul secara alami. Biasanya vibrato akan muncul sendiri jika kita sudah cukup lama bernyanyi dan berlatih vokal. Latihan-latihan di bawah ini akan membantu kita mempercepat proses munculnya vibrato.

Dua latihan ini akan melatih teknik vibrato kita. Latihan yang pertama melatih vibrato secara umum, sedangkan latihan yang kedua akan melatih kontrol vibrato.

Latihan starter mobil
Bayangkan kamu anak kecil yang sedang berpura-pura menyalakan starter mobil dengan berdengung seperti dalam contoh mp3. Sambil melakukan latihan ini, coba untuk merasakan sensasi yang ada di sekitar pita suara dan diafragma.

Latihan huuwaa
Latihan ini memerlukan nafas yang lebih panjang, maka dari itu latihan ini juga akan melatih kontrol diafragma kita. Bunyikan huu dengan pola arpeggio secara perlahan, lalu di nada atas kita tahan, lakukan vibrato, lalu ubah suku katanya dari huu perlahan menjadi waa, lalu turun perlahan.

YouTube VokalPlus: Melatih dan menyanyikan vibra