Solfeggio

Solfeggio, solfege, atau biasa juga kita kenal juga sebagai solmisasi, adalah teknik penyanyi untuk belajar membaca notasi, baik notasi angka maupun notasi balok. Namun banyak sekali kegunaan solfeggio ini bagi kita. Di antaranya adalah membuat kita mengenal nada, dan di mana posisi nada itu dalam sebuah harmoni lagu. Karena jika setiap nada ada nama atau labelnya, maka bunyi nada tersebut tidak lagi abstrak, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kontrol pitch dan intonasi kita sebagai penyanyi.

Solfeggio juga digunakan dalam kehidupan nyata penyanyi profesional. Biasanya musisi mengkomunikasikan nada lewat solfeggio. Vocal director Irvan Natadiningrat selalu mengarahkan penyanyi dengan solfeggio, khususnya ketika sedang mengaransemen pembagian suara di tempat, solfeggio adalah alat komunikasi paling praktis dan efektif dalam bermusik.

Sebetulnya dari kecil kita sudah diajari solfeggio di sekolah. Pasti do, re, mi, fa, sol, la, si, do, terdengar familiar bagi kamu kan? Ya, itulah termasuk solfeggio. Jadi jangan berpikir kalau solfeggio adalah sesuatu yang asing, ya.

Solfeggio mengenal dua sistem. Yang pertama adalah fixed do, yang kedua adalah moveable do. Dalam buku ini kita akan menggunakan sistem moveable do, di mana nada do dapat berpindah-pindah sesuai dengan anda dasar lagu. Misalnya lagunya di C, maka do=C, jika lagu di F maka do=F.

Berlatihlah menggunakan lagu-lagu sederhana seperti lagu anak. Hal ini membuat kita terus peka terhadap nada dan posisinya dalam harmoni. Berikut ini beberapa contoh bagian lagu anak yang umum.

Cicak di Dinding
Sol, mi, sol, mi, mi, fa, sol, fa, re, fa, la, sol, fa, mi, la, fa, la, fa, la, si, do, do, mi, sol, fa, re, do.

Naik ke Puncak Gunung
Sol, do, do, do, re, mi, mi, mi, do, fa, mi, re, si, do, re, do, dst.

Syukur (minor)
La, la, la, la, do, si, la, mi, mi, mi, re, do, si, re, do, si, la, la, mi, re, do, si, do, la, dst.

Balonku
Mi, fa, sol, do, sol, mi, sol, re, mi, fa, re, sol, fa, mi, dst.

Untuk nada-nada yang “miring” atau setengah, solfeggio juga bisa digunakan, berikut ini solfeggio untuk tangga nada kromatis atau 12 nada.

Urutan Nada

1
1 naik setengah
2 turun setengah
2
2 naik setengah
3 turun setengah
3
4
4 naik setengah
5 turun setengah
5
5 naik setengah
6 turun setengah
6
6 naik setengah
7 turun setengah
7

Suku Kata

Do
Di
Ra
Re
Ri
Me
Mi
Fa
Fi
Sel
Sol
Si
Le
La
Li
Se
Si

Contoh penggunaan tangga nada kromatis dalam lagu populer misalnya, dalam dua lagu di bawah ini.

Mau Dibawa Ke Mana
Nada untuk lirik “mau dibawa ke mana, hubungan kita” adalah sol, la, do, mi, re, re, do, le, re, re, do, sol, mi.

Juwita Malam
Nada untuk lirik “engkau gemilang, malam cemerlang” adalah sol, la, do, mi, mi, sol, la, do, me, me.

Tidak sulit, kan? Saya sangat menyarankan setiap penyanyi untuk mengenal solfeggio ini, karena sangat bermanfaat. Latihlah dengan cara menerjemahkan lagu-lagu yang kamu suka ke dalam solfeggio.

YouTube VokalPlus: Perkenalan solfeggio 1-3, Latihan Vokal Penangkal Fals