Pemanasan Vokal

Setelah kamu melatih pernafasan, kini saatnya untuk melanjutkan ke pemanasan vokal. Pemanasan vokal adalah proses yang mempersiapkan otot-otot vokal kita untuk bekerja secara optimal. Karena selain merupakan aktifitas yang menyangkut ekspresi dan penjiwaan, menyanyi juga adalah sebuah aktifitas fisik bagi tubuh kita. Ketika kita melakukan pemanasan, kita menaikkan temperatur pada jaringan otot-otot instrumen vokal kita menyebabkan otot tersebut lebih fleksibel, dapat berkontraksi lebih cepat, serta mengurangi resiko cidera (ya, vokal kita bisa cidera!). Untuk dapat menyanyi secara lebih akurat, fleksibel dan dengan stamina yang lebih, kita membutuhkan pemanasan vokal. Selain itu range vokal kita akan meregang secara maksimal di nada tertinggi dan terendah setelah pemanasan. Penyanyi, pembicara, pelatih vokal, semua adalah “atlet” vokal. Apakah kamu pernah melihat atlet sepakbola bertanding tanpa sebelumnya melakukan pemanasan? Tentu tidak, begitu juga dengan vokalis sebagai atlet vokal.

Sebelum memulai pemanasan cek kembali postur kamu apakah sudah bagus dan relaks. Selain itu, selama melakukan pemanasan vokal perhatikan pernafasan kamu. Biasakan untuk selalu mengingat postur dan pernafasan selama kamu berlatih di studio atau di kelas. Otot kamu akan otomatis mengingatnya seiring dengan waktu hingga kamu tidak perlu lagi memikirkannya saat menyanyi, apalagi saat di panggung.

Humming lima nada ke slide
Kita pemanasan vokal menggunakan humming atau berdengung dengan mulut tertutup karena dengan begitu kerja pita suara jadi lebih ringan dibanding bersuara dengan mulut terbuka. Selain itu, humming juga bagus untuk mengingatkan kita akan resonansi suara di bagian wajah, dan bukan di leher. Dengungkan nada do-re-mi-fa-sol-fa-mi-re-doo-sool-doo dengan gerakan sliding perlahan, membuat kurva.

Contoh humming

Humming arpeggio lalu turun
Setelah humming dengan nada yang fleksibel seperti di atas, sekarang kita lanjutkan dengan humming yang menggunakan pitch tangga nada, yaitu do, re, mi , fa, sol, fa, mi, re, do. Pastikan kita menjaga akuratnya pitch dan juga meletakkan suara kita di depan wajah.

Contoh humming arpeggio

Lip trill arpeggio 2x
Bisa dibantu dengan meletakkan jari kita di masing-masing sudut bibir, lalu dinaikkan sedikit agar bibir merapat tetapi rahang tetap rileks, lalu mulai meniup hingga bibir membuat suara “brrr”. Lip trill selain bermanfaat untuk pemanasan, melatih pernafasan yang stabil, juga baik untuk mengalihkan fokus otak kita dari leher ke bagian depan wajah. Dikarenakan hal itu, saat melakukan latihan lip trill kita melewat bagian-bagian sulit dalam vokal kita jadi tidak fokus ke leher dan leher tetap rileks. Jika kamu masih kesulitan melakukan lip trill, dapat digantikan dengan tongue trill, seperti memperpanjang pengucapan huruf “r”. Bunyikan nada do, mi, sol, do’, sol, mi, do menggunakan lip trill.

Contoh lip trill

Tongue trill + blowing arpeggio scramble 2x
Melakukan tongue trill lebih mudah dilakukan dari lip trill, kecuali jika kamu memiliki kesulitan dalam menyebutkan huruf “r”, misalnya cadel. Tidak masalah, jika kamu kesulitan dengan tongue trill, bisa digantikan dengan lip trill. Bunyikan pola nada do, sol, mi, do’, sol, mi, do.

Contoh tongue trill + blowing

Setelah melakukan pemanasan vokal seperti contoh di atas, sebaiknya dilanjutkan dengan melakukan pelenturan otot-otot artikulasi di wajah, caranya mudah, lakukan gerakan wajah seperti mengucapkan huruf a, i, u, e, o, dengan membuka lebar, tetapi tanpa bersuara, lakukan hal ini beberapa putaran. Lanjutkan dengan menggerakkan lidah menyapu seluruh gigi atas, lalu menyapu seluruh gigi bawah dari kanan ke kiri.

Pendinginan Vokal
Bayangkan seperti ini. Suara kita sehari-hari, kita gunakan berbicara, itu suara yang tipis. Lalu setelah pemanasan menjadi tebal dan siap tempur. Kondisi tebal dan siap tempur ini sebaiknya setelah kita gunakan bernyanyi, kita kembalikan ke kondisi semula agar ketika kita gunakan suara kita untuk keperluan sehari-hari kita tidak terlalu banyak gunakan energi. Kira-kira bayangannya seperti itu. Cara melakukan pendingan vokal sebetulnya mirip dengan pemanasan vokal, yaitu dengan melakukan pola-pola yang sederhana dengan rileks. Kamu bisa mengulang pemanasan di atas, atau lakukan pendingan dengan panduan aplikasi 7 Minute Vocal Warm Up (android & iPhone).

Untuk pemanasan vokal lainnya, install aplikasi 7 Minute Vocal Warm Up saya, tersedia untuk android dan iPhone.