Pelafalan Dan Diksi Dalam Bernyanyi

Seorang vokalis adalah juga seorang pembaca cerita dan pemberi pesan. Lirik yang dinyanyikan oleh vokalis harus jelas dan setiap kalimat dan kata bisa terdengar dengan baik oleh pendengarnya. Hal ini membuat pelafalan dan diksi yang baik menjadi sangat penting bagi vokalis. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, vokalis yang baik tetap terdengar jelas dan enak di telinga saat berbicara, karena seorang vokalis instrumen vokalnya telah terlatih.

Artikulasi adalah cara membentuk kata atau pengucapan dalam lirik, sedangkan diksi adalah kejelasan saat mengucapkannya sehingga setiap kata terdengar jelas hingga kata yang paling rumit sekalipun. Dalam ujian vokal di perkuliahan musik, kedua hal ini merupakan salah satu poin penting yang ikut dinilai. Dari repertoire klasik yang menggunakan lirik bahasa Itali, bahasa Jerman, bahasa Inggris, juga tentunya bahasa Indonesia.

Melebihkan pengucapan

Dalam bernyanyi, kita bisa melafalkan lirik dengan sedikit berlebih, dengan tujuan agar liriknya akan terdengar sejelas-jelasnya oleh pendengar kita. Jangan khawatir kita akan terdengar aneh, karena saat kita memberikan penekanan lebih dalam pengucapan, pendengar akan mendengarnya sebagai normal dan bagus karena apa yang diucapkan dapat dimengerti dengan jelas. Terutama bagi kamu yang menyanyi dalam paduan suara, melebihkan pengucapan harus dilakukan agar suara paduan suara terdengar jelas secara keseluruhan.

Pelafalan Bahasa Inggris

Seorang vokalis profesional tidak bisa luput dari tuntutan menyanyi dalam bahasa Inggris. Tidak hanya di Indonesia, tetapi vokalis di seluruh dunia. Terkadang vokalis Indonesia berpikir bahwa menyanyi dalam bahasa Inggris terlalu sulit bagi mereka karena bahasa Inggris bukanlah bahasa yang digunakan sehari-hari. Hal ini bukanlah alasan untuk tidak melatihnya, karena dengan latihan yang teratur, pelafalan bahasa Inggris akan semakin baik. Seorang vokalis dari Jerman mungkin adalah seorang kulit putih, tetapi bukan berarti bahasa Inggris adalah bahasa utama mereka. Vokalis dari Jerman tersebut juga harus melatih pelafalan bahasa Inggris mereka agar terdengar baik, sama seperti kita yang dari Indonesia. Jangankan orang Jerman, vokalis dari Inggris dan Amerika saja masih melatih pelafalan Inggris mereka saat belajar vokal.

Konsonan dalam bahasa Inggris

Konsonan dalam bahasa Inggris ada yang mirip tetapi sebetulnya sangat berbeda. Seperti konsonan “v” dalam lover, dan konsonan “f” dalam life. Perbedaannya adalah konsonan “v” dibunyikan dengan tambahan suara, sedangkan konsonan “f” hanya dengan nafas. Pembedaan dalam lafal konsonan ini sangat penting dalam pelafalan bahasa Inggris apalagi dalam nyanyian. Berikut ini beberapa konsonan yang mirip namun berbeda seperti contoh di atas.

Konsonan dengan suara

V contoh love, give, vulnerable
Th contoh these, them
B contoh brown, bee, buzz
Z contoh because, does, jazz
D contoh dance, diary, monday

Konsonan dengan nafas

F contoh life, fall, free
Th contoh thing, with
P contoh prawn, pony, whisper
S contoh house, sunday, miss
T contoh tail, Stella, star

Diftong atau dua suku kata dalam satu
Ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat satu suku kata yang dibaca menjadi dua suku kata. Misalnya yang umumkita temukan dalam lirik lagu antara lain: make, made, brake, take. Lalu kata-kata lainnya seperti over, baby, broken, dan seterusnya. Dalam menyanyikan diftong, dua suku kata itu sebaiknya terdengar. Misalnya ketika liriknya “I wanna make it” jangan dibaca “ay wona mekk it” melainkan “ay wona meik it”. Lalu jika diftong tersebut dipanjangkan nadanya, yang panjang suku kata keduanya, misalnya over, bukan ooooouver, tapi jadi ouuuuuver.

Kata-kata yang bunyinya mirip
Ada beberapa kata yang memiliki bunyi yang mirip tapi artinya berbeda. Pastikan kamu membedakan cara membacanya: change, chance, Chains, would, wood, word, world, dsb.

Huruf yang tidak dibaca
Kesalahan umum yang kita kadang lakukan adalah membaca huruf yang seharusnya hilang, misalnya dalam kata-kata: could, would, di mana huruf l tidak dibaca. Lalu kata-kata light, night, bright, huruf g juga seharusnya hilang tidak dibaca. Jadi bright itu brait, dan bukan braigt.

Perlu diingat dalam menyanyikan lagu berbahasa Inggris

Selain pentingnya pembedaan konsonan di atas, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat kita menyanyikan lagu berbahasa Inggris, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Huruf R dalam bahasa Inggris tidak menggetarkan lidah seperti dalam bahasa Indonesia.
  • Konsonan di akhir kata disambung dengan kata berikutnya kecuali jika hal tersebut dapat merubah arti dari sebuah kata. Misalnya, “you and I danced on the floor” dibaca “yu en dai dens don the floor”. Contoh lainnya “rain drops on roses” dibaca “reyn drap son rozez”.
  • Panjangkan bunyi huruf vokal dalam sebuah kata dan bunyikan sedikit konsonan di akhirnya. Misalnya untuk kata mad dibaca meee-dh, contoh lain untuk kata hat dibaca heee-th.
  • Huruf vokal rangkap yang dinyanyikan panjang seperti my yang dibaca mai, maka yang dipanjangkan adalah vokal yang pertama yaitu maaai. Contoh lain Sunday dibaca sandei dinyanyikan sandeeeeei.
  • Huruf r yang diikuti dengan istirahat atau tkamu diam dapat dibunyikan sangat halus atau dihilangkan sama sekali. Contohnya star dibaca “staaa…” contoh lainnya on the floor dibaca “on the floo…”.
  • Perhatikan detil kecil seperti adanya huruf s di kata tertentu seperti misalnya “it makes me” jangan dinyanyikan “it make me”.
  • Seringlah berlatih dengan membaca teks bahasa Inggris yang rumit. Kamu bisa melakukan pencarian “Tongue Twisters” di internet untuk berbagai materi latihan artikulasi.

Latihan yang selalu saya lakukan adalah membaca lirik sebuah lagu seperti membaca puisi dan bukan dinyanyikan. Jika saya berhasil membaca lirik tersebut dengan jelas dan bagus tanpa nyanyian, maka saat dinyanyikan pelafalan dan diksi kita pun akan terdengar jelas dan bagus. Seringlah merekam diri kamu menyanyi dari waktu ke waktu, lalu analisa apakah pelafalan dan diksi kamu sudah cukup baik?

Bingung dengan pembacaan bahasa Inggris yang benar? Dengarkan saja rekaman penyanyi berbahasan Inggris lalu analisa. Bandingkan dengan cara kita menyanyikannya. Perhatikan secara detil!

YouTube VokalPlus: Pengucapan lirik bahasa Inggris