Mencari Pelatih Vokal

Guru vokal atau saya lebih sering menyebutnya pelatih vokal tidak hanya dibutuhkan bagi orang yang baru belajar vokal atau vokalis pemula saja, melainkan juga bagi vokalis yang sudah profesional. Seperti halnya seorang atlet profesional yang tetap berlatih dengan seorang pelatih. Guru vokal atau pelatih vokal bertugas untuk membimbing vokalis dalam berlatih vokal rutin. Tidak hanya itu, seorang pelatih vokal juga harus dapat mendeteksi permasalahan yang dimiliki vokalis dan mampu mencarikan solusi. Seorang pelatih yang baik juga harus bisa memberi motivasi dan membangun rasa percaya diri vokalis yang ia latih.

Kecuali dalam workshop atau klinik vokal, hubungan yang terjalin antara seorang vokalis dengan pelatihnya juga tidak bisa hanya sekali atau dua kali pertemuan, karena apa yang dilatih perlu dilatih secara rutin agar membuahkan hasil maksimal serta apa-apa yang didapat dari pelatih harus dicerna dulu sebelum bisa betul-betul dipraktekkan seorang vokalis dan hal ini memerlukan waktu. Maka dari itu mencari guru vokal yang cocok sangat penting bagi seorang vokalis agar ia betah berlatih dalam jangka waktu tertentu dengannya. Berikut ini beberapa kriteria guru vokal yang baik menurut saya.

Sabar namun tetap tegas
Latihan vokal bisa menjadi satu hal yang membosankan kadang-kadang. Hal ini dikarenakan latihan teknik vokal harus diulang-ulang terus agar teknik vokal tersebut betul-betul meresap ke dalam instrumen vokal. Selain itu terkadang butuh waktu ekstra untuk seorang vokalis mencerna apa yang diberikan oleh pelatihnya. Jika guru tidak sabar, maka perkembangan yang didapat tidak akan maksimal.

Memiliki kemampuan diagnosa yang tajam
Saat vokalis memiliki masalah dalam vokalnya, misalnya pitchnya terus fals, atau vokal falsettonya terlalu tipis, atau pernafasannya dangkal, maka seorang guru vokal yang baik harus mampu mendeteksi permasalahan yang terjadi serta mampu memberikan solusi bagi vokalis. kamu harus bertanya-tanya jika guru vokal kamu tidak pernah menunjukkan masalah vokal yang kamu miliki, mungkin guru kamu kurang memperhatikan atau memang kemampuan diagnosanya lemah.

Pendekatan teknis secara fisik dan mental
Bernyanyi bukan hanya kegiatan fisk, melainkan kegiatan mental juga. Ada beberapa murid vokal yang pernah saya latih, mereka tidak mampu mencapai nada tertentu bukan karena nada tersebut berada di luar range vokalnya melainkan karena ia tidak percaya diri bahwa ia bisa bernyanyi di nada tersebut. Penting bagi guru vokal untuk bisa melakukan pendekatan teknik vokal tidak hanya dari segi fisik tetapi juga mental.
Menciptakan suasana nyaman dalam kelas

Jika kamu baru masuk ke dalam studio untuk berlatih bersama seorang guru vokal lalu guru tersebut menyambut kamu dengan galak dan tidak ramah, jelas bahwa guru tersebut bukanlah guru vokal yang baik. Berlatih vokal tidak boleh tegang, harus selalu dalam keadaan rileks. Dan seperti telah saya sebutkan di atas bahwa menyanyi itu juga kegiatan mental sehingga apapun yang kita rasakan akan berpengaruh kepada nyanyian kita.

Memiliki passion terhadap seni vokal
Guru atau pelatih vokal yang baik tidak akan menganggap bahwa melatih vokal hanyalah pekerjaan, melainkan suatu kegiatan yang ia cintai dan ia menikmatinya. Tidak hanya passion ini menjadikan guru tersebut guru yang terus berkembang dalam ilmunya, tetapi passion ini akan menular kepada vokalis yang ia latih.

Menemukan guru vokal yang baik dan cocok memang terkadang sulit. Tetapi percayalah bahwa usaha yang kamu lakukan dalam mencari guru yang terbaik akan kamu rasakan manfaatnya, bukan hanya dalam jangka pendek melainkan dalam jangka panjang.

Pelatih vokal bukan dokter

Cukup sering dalam karir saya melatih, penyanyi datang dengan kondisi pita suara yang sedang cedera atau sakit, berharap pelatih vokal dapat membuat kondisi pita suaranya menjadi lebih baik. Hal ini keliru. Seharusnya kita latihan vokal hanya dalam kondisi pita suara yang fit. Ketika pemain basket keseleo, apakah latihan basket dapat menyembuhkan keseleonya itu? Tentu tidak, malah sebaliknya, semakin parah. Jika kamu mengalami masalah kesehatan dengan pita suara, konsultasikan dulu ke ahli kesehatan sebelum kamu melakukan latihan vokal dengan pelatih.