Makanan Dan Minuman Penyanyi

Pita suara kita terletak di saluran nafas. Saluran nafas berbeda dengan saluran cerna. Karenanya, semua yang kita konsumsi melalui saluran cerna seperti makan dan minum, tidak berpengaruh secara langsung kepada pita suara. Jika sesuatu itu masuk ke tubuh kita lewat saluran nafas seperti asap dan polusi, maka efeknya dapat langsung ke pita suara. Jika penyanyi dilarang makan gorengan, hal itu dikarenakan gorengan dapat membuat kita batuk, dan batuk tidak bagus bagi pita suara. Hal berikutnya yang diakibatkan oleh mengkonsumsi gorengan adalah produksi lendir berlebih di tenggorokan kita. Tentu hal ini sangat mengganggu. Berikut ini beberapa catatan saya mengenai makanan dan minuman untuk penyanyi.

Kopi, teh, dan alkohol
Persamaan dari ketiga minuman di atas adalah mereka bukannya membuat kita terhidrasi melainkan dapat membuat kita dehidrasi. Coba kamu perhatikan, saat kita minum minuman beralkohol misalnya, kita jadi lebih sering ke toilet. Minumnya segelas tapi cairan yang kita buang 2 gelas. Sehingga ketiga minuman ini sebaiknya dikonsumsi tidak dalam waktu yang berdekatan dengan aktivitas vokal seperti manggung atau latihan.

Produk dairy
Susu, keju, yoghurt, es krim, coklat, adalah produk dairy. Produk dairy ini merangsang produksi lendir berlebih di tenggorokan. Kondisi ini membuat kita nyanyi tidak nyaman, nada tinggi yang halus jadi tidak bersih suaranya. Lalu membuat kita sering berdaham. Berdaham kurang baik untuk pita suara kita.

Minuman dingin dan es
Otot kita bereaksi menjadi tegang dan kaku ketika bersentuhan dengan dingin. Hal ini juga terjadi pada otot vokal kita. Sementara tegang dan kaku adalah hal yang harus kita hindari ketika bernyanyi. Belum lagi kalau minuman dingin dan es membuat kita sakit flu, malah jadi masalah, kan? Tetapi kalau kita sudah terbiasa minum dingin dan hal itu tidak membawa pengaruh apa-apa bagi kita ya tidak perlu khawatir. Saya sendiri menyarankan minuman dengan temperatur ruangan atau biasa sebagai minuman sehari-hari kita penyanyi.

Jus dan jamu
Suara kita sangat bergantung kepada kondisi tubuh kita secara umum. Jika kita merasa suara kita lebih baik sesudah minum jamu tertentu, kemungkinan besar karena minuman tersebut meningkatkan kesehatan kita secara umum, jadi bukan hanya ke pita suara saja. Lemon, jus jeruk yang kaya akan vitamin C tentu meningkatkan kondisi tubuh kita dan hal ini berpengaruh kepada suara kita.

Camilan asin dan kacang goreng
Garam mengikat cairan. Tetapi secara umum makanan asin membuat mulut kita kering. Dan kondisi mulut kering tidak ideal untuk bernyanyi. Ada kalanya berkumur air garam membantu saat kita sedang sakit tenggorokan, karena meringankan lendir di tenggorokan.
Kita sendiri yang paling tahu tubuh kita dan bagaimana makanan atau minuman tertentu berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Semua yang saya tulisan di sini adalah secara umum. Yang penting adalah kita harus selalu ingat bahwa tubuh kita adalah alat musik kita, jaga dengan sebaik-baiknya.

Rokok dan penyanyi
Rokok bukan makanan ataupun minuman, tetapi layak dibahas dalam bagian ini. Rokok menghasilkan asap yang mana asapnya kita hirup. Hal ini tentu efeknya langsung ke pita suara. Menurut Tompi, penyanyi jazz yang juga seorang dokter, asap rokok membuat iritasi pita suara, sehingga suara bisa mengalami perubahan. Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak perokok yang bernyanyi dengan sangat baik. Tapi jangan lupa, banyak pula perokok yang bernyanyi sangat buruk. Jadi kesimpulan saya, merokok tidak membuat nyanyi seseorang jadi baik atau buruk. Hanya saja semua pihak setuju bahwa rokok merugikan kesehatan.

YouTube VokalPlus: Makanan dan minuman penyanyi