Lebih Jauh Tentang Produksi Suara

Produksi suara atau biasa disebut dengan istilah phonation adalah proses yang terjadi di dalam pangkal tenggorokan di mana terdapat pita suara kita. Saat kita bernafas biasa, pita suara kita membuka sehingga udara bisa lewat begitu saja. Tetapi saat kita berbicara atau bernyanyi, pita suara akan menutup menyebabkan udara yang kita hembuskan dari paru-paru menabrak pita suara dan menggetarkannya, hingga frekuensi getarannya menghasilkan suara. Sistem jaringan otot di sekitar pita suara adalah sistem yang sangat rumit di dalam tubuh kita. Pergerakan pita suara ini adalah otomatis diatur oleh otak saat kita berbicara ataupun bernyanyi.

Jangan tertipu oleh gambar ilustrasi pita suara, pita suara kita ukurannya tidak besar. Alangkah baiknya jika kamu jika memiliki waktu luang mencari gambar atau video pita suara di internet sebagai referensi dan gambaran mengenai instrumen yang kita miliki dalam tubuh kita serta untuk mengenal lebih baik lagi diri kita sendiri.

Pangkal tenggorokan

Pita suara kita terletak di pangkal tenggorokan (laring), di sinilah suara kita diproduksi. Pangkal tenggorokan kita terletak di bagian atas batang tenggorokan (trakea), yaitu pipa tempat melajunya udara keluar dan masuk paru-paru kita.

Pangkal tenggorokan kita diposisikan oleh serangkaian otot di dalam leher, yang mana otot-otot tersebut dapat mempengaruhi produksi suara dengan menaikkan atau menurunkan pangkal tenggorokan. Ketegangan yang tidak perlu yang terjadi pada otot dalam leher ini disebabkan oleh teknik vokal yang kurang baik dan akhirnya mempengaruhi kualitas suara yang diproduksi.

Anatomi

Bagian luar dari pangkal tenggorokan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu tulang hyoid, kartilago (tulang rawan) tiroid, dan kartilago cricoid.

Tulang hyoid, terletak di atas pangkal tenggorokan adalah satu-satunya bagian yang merupakan tulang yang sesungguhnya. Tonjolan pada leher kita yang biasa kita sebut sebagai jakun adalah dari bagian depan kartilago tiroid. Kartilago tiroid pada pria lebih besar dari wanita maka dari itu jakun pria lebih terlihat menonjol dibanding wanita. Kartilago cricoid, adalah yang menyambungkan pangkal tenggorokan dengan batang tenggorokan.

Kartilago aritenoid membuka dan menutup pada saat memproduksi suara dan saat bernafas, dan berperan dalam menghasilkan suara. Kartilago aritenoid terletak di bagian belakang atas dari Kartilago cricoid dan memiliki sendi yang fleksibel.