Improvisasi Vokal Dasar

Improvisasi dalam bernyanyi adalah hal yang menarik untuk pendengar, dan menyenangkan untuk dilakukan oleh kita yang melakukannya. Di berbagai genre musik, improvisasi dianggap cukup penting sebagai bagian dari ekspresi dan dinamika lagu. Pengertian improvisasi, secara sederhana, adalah merangkai dan menyanyikan nada-nada melodi secara spontan di tempat. Tujuan improvisasi adalah memberikan penyanyi kebebasan ekspresi dalam bagian lagu tertentu, yang dapat membuat bagian itu terdengar lebih menarik, karena di luar dari bagian melodi utama lagu.

Dalam genre musik jazz, dikenal gaya improvisasi vokalis menirukan gaya bermain alat tiup seperti saxophone dan trumpet, tetapi dengan suku kata yang tidak ada artinya namun khas dalam dunia jazz, seperti “dubidubidubap”, yang disebut dengan scat singing. Improvisasi ini sering dilakukan sejak era Louis Armstrong hingga era Al Jarreau. Scat singing adalah salah satu bentuk improvisasi vokal favorit saya.

Mari kita berlatih dasar improvisasi dasar menggunakan tangga nada pentatonik. Tangga nada ini sangat sederhana namun sangat kuat bunyinya. Jika kamu berhasil membiasakan diri dengan tangga nada pentatonik, belajar dan berlatih improvisasi akan terasa lebih mudah.

Latihan pentatonik Major
Pentatonik adalah tangga nada yang hanya berisi lima nada. Berbeda dengan tangga nada Major biasa yang berisi tujuh nada; do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Pentatonik Major berisi nada: do, re, mi, sol, la, do. Ketika tangga nada ini kita gunakan sebagai kerangka improvisasi kita, kita akan menyadari betapa familiar pentatonik ini dalam kehidupan bermusik kita sehari-hari.

Latihan pentatonik minor
Pentatonik minor juga berisi lima nada. Tetapi kali ini, kelima nada tersebut berbasis harmoni minor. Coba kamu bunyikan nada-nada berikut ini: la, do, re, mi, sol, la. Itulah pentatonik minor. Kapan menggunakan pentatonik Major, kapan minor? Tentu jawabannya cukup jelas; kita menggunakan pentatonik minor dalam lagu yang harmoninya minor.

Meniru untuk belajar

Untuk selanjutnya, kamu bisa terus menambah keahlian improvisasi dengan cara meniru gaya improvisasi dari penyanyi yang kamu suka. Misalnya ada lagu Mariah Carey atau Ariana Grande yang kita suka, lalu kita cari frase improvisasi yang kita suka, lalu kita ambil frase tersebut, lalu kita bedah nadanya dengan cara menirukan frase itu dengan perlahan, lakukan terus sampai kita bisa menyanyikan frase improvisasi itu dengan lancar dan rapi. Dalam satu lagu saja kita bisa menemukan banyak bahan untuk kita pelajari, pilih satu frase, tirukan sampai bisa dan rapi, lalu ganti frase selanjutnya.

Latihan dengan cara meniru seperti di atas bukan bertujuan untuk membuat kamu jadi tukang menjiplak, melainkan untuk drill atau latihan kelincahan suara kita, lalu nantinya kita tetap harus mencari gaya improvisasi kita sendiri agar kita memiliki karakter. Jadilah penyanyi yang memiliki gaya yang orisinil.

YouTube VokalPlus: Latihan Improv R&B ala Mariah & Ariana