Head Voice Dan Falsetto

Melatih head voice dan falsetto ini baik untuk semua penyanyi, walaupun dalam style atau genre yang kita nyanyikan jarang membutuhkan falsetto, latihan-latihan ini membantu kita mengenali register atas kita dengan baik. Mengenali, sama dengan berani dan percaya diri. Sebagian dari kita mungkin ada yang kesulitan mengakses falsetto ini. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi pita suara, bisa juga hanya karena masalah teknik vokal saja. Jika masalahnya ada pada teknik vokal, itu artinya posisi pita suara saat mengakses falsetto dalam keadaan tidak tertutup optimal, melainkan terlalu “bocor”. Cara sederhana untuk mengatasi kebocoran yang saya sebutkan di atas, adalah dengan melatih vocal fry, lalu slide ke atas hingga falsetto.

Latihan vocal fry naik ke atas
Seperti sudah dijelaskan di bab sebelumnya, vocal fry membuat pita suara kita rileks, dan gerakannya merapatkan kedua belah sisi pita suara. Sehingga, cara ini baik untuk kita gunakan dalam berlatih head voice. Mulai dari bawah dengan vocal fry, lalu slide ke atas hingga mengakses head voice dengan tidak bocor.

Latihan pola head voice 01
Dari latihan no.16, kita lanjutkan nadanya dengan pola sebagai berikut, doo-re-mi-re-do-si-la-si-doo seperti contoh dalam mp3. Rasakan resonansi di rongga hidung dan wajah, bayangkan suara kita berada di bagian depan atas wajah kita.

Latihan wi, wi, wi, satu setengah oktaf
Dalam latihan ini kita menggunakan tangga nada dengan jarak satu setengah oktaf, sehingga kita bisa memulai dari chest voice, lalu menyeberang ke register head voice kita. Pastikan transisinya mulus. Hafalkan pola nada ini, karena akan sering kita gunakan dalam latihan-latihan selanjutnya. Huruf w dalam wi memudahkan kita menempatkan suara di belakang antara rongga mulut dan rongga hidung, sehingga ideal untuk melatih head voice.

Latihan wi, wi, wi, lalu berganti suku kata
Meneruskan latihan sebelumnya, hanya saja kali ini kita melatih tidak saja head voice dengan wi saja, tetapi pada nada tertinggi kita mengubah suku kata menjadi wi-yu-aah, dan usahakan untuk tetap mendapatkan bunyi head voice yang bulat.

YouTube VokalPlus: Cara nyanyi head voice dan falsetto

Untuk latihan vokal lainnya, install aplikasi 7 Minute Vocal Warm Up saya, tersedia untuk android dan iPhone.