Cedera Vokal

Permasalahan yang ditakuti oleh kebanyakan vokalis adalah suara serak atau habis tiba-tiba. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini, antara lain adalah terjadinya iritasi, infeksi seperti flu, alergi, teknik yang salah, dan yang paling umum ditemui penyanyi, nodule atau benjolan pada pita suara. Jika kamu mengalaminya dalam jangka waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh, sangat disarankan untuk periksa kepada dokter spesialis THT (Telinga Hidung dan Tenggorok).

Saat pita suara mendapat tekanan yang cukup lama tanpa pelenturan atau pemanasan sebelumnya, maka pita suara kita akan lelah, iritasi dan mengalami pembengkakan. Jika hal ini terjadi, maka pita suara tidak dapat menutup sempurna dan tidak dapat bergetar seperti semestinya. Hal ini yang menyebabkan suara yang dihasilkan tidak sempurna atau serak.

Memaksakan diri untuk menyanyi dalam kondisi suara serak hanya akan membuat keadaannya semakin parah. Mungkin saat kamu menyanyi tidak terasa apa-apa dan suara kamu bisa keluar seperti biasanya, tetapi secara tidak sadar, saat menyanyi tersebut kita memberi tekanan lebih banyak pada pita suara kita untuk bisa menghasilkan suara, dan hasilnya setelah kamu turun panggung, suara kamu kemungkinan besar sudah habis sepenuhnya dikarenakan pita suara kamu semakin bengkak.

Nodule atau benjolan pita suara

Sebetulnya menyanyi dalam kondisi serak seperti disebutkan di atas tidak berbahaya jika dilakukan satu kali dan sebentar saja. Namun jika terus menerus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka pembengkakan pita suara akan semakin parah, hingga akhirnya muncul semacam benjolan atau bintil pada kedua sisi pita suara yang mengganjal hingga pita suara tidak bisa menutup sempurna, menyebabkan seseorang sulit sekali memproduksi suara untuk bernyanyi. Nodule pada pita suara ini bisa sementara, tetapi bisa menjadi permanen saat benjolan mulai membesar dan mengeras.

Puasa vokal dan operasi

Jika kamu didiagnosa dengan nodule, maka yang bisa kamu lakukan adalah puasa vokal, yaitu tidak bernyanyi dan tidak berbicara (juga tidak berbisik) dalam jangka waktu tertentu. Untuk kasus yang tidak terlalu berat, satu hingga dua minggu biasanya cukup untuk menghilangkan bengkak pada pita suara. Tetapi untuk kasus yang cukup berat bisa saja dokter kamu akan menganjurkan kamu berpuasa vokal selama dua bulan. Terapi puasa vokal ini adalah terapi yang paling praktis dan murah untuk mengembalikan suara kamu.

Metode lainnya adalah tindakan operasi untuk menghilangkan nodule pada pita suara kamu, tetapi kamu tetap harus berpuasa vokal setelah dioperasi untuk masa penyembuhan. Beberapa penyanyi terkenal sudah pernah mengalami hal ini. Biasanya setelah ini baru mereka mulai sadar akan pentingnya teknik vokal dan latihan vokal dengan teratur untuk menjaga aset nomor satu yang mereka miliki.

Cegahlah hal ini terjadi pada kamu!

Gejala Umum Penyalahgunaan Vokal

  1. Leher dan tenggorokan terasa sakit.
  2. Suara serak setelah bernyanyi.
  3. Tenggorokan terasa sangat kering dan gatal.
  4. Tidak bisa menyanyikan nada tinggi dengan lembut.
  5. Suara serak atau hilang bahkan setelah 1-2 hari beristirahat.

Perlakukan suara dan tubuh kamu dengan baik. Dengarkan tubuh kamu, kapan ia merasa lelah dan butuh istirahat. Kemampuan ini penting bagi setiap penyanyi. Jika kamu merasa ragu, konsul dengan ahlinya.

YouTube VokalPlus: Suara serak atau habis dan solusinya