Cara Menggunakan Buku Ini

Artwork by Tomas Soejakto (IG: @tomassoe)

Buku ini berisi beragam informasi yang bermanfaat dari berbagai topik, dari teori vokal, teknik pernafasan, vokalisi, hingga teknik performance dan sedikit ilmu marketing. Walau topik pembahasannya cukup banyak, namun saya mencoba untuk menuliskan secara singkat tapi jelas, serta memangkas semua bagian yang menurut saya tidak terlalu diperlukan. Begitu juga berbagai latihan yang saya tuliskan dalam buku ini, saya pilih dan rancang agar ringkas. Tujuan saya adalah untuk memberikan gambaran besar dari dunia nyanyi, agar menghasilkan pola pikir yang diperlukan untuk kemajuan dan perkembangan penyanyi secara mandiri. Karena pelajaran yang sebenarnya ada di luar sana, di praktek. Kita tidak akan mengalami kemajuan yang pesat hanya dengan membaca buku. Maka dari itu, nyanyi, nyanyi, dan nyanyi setiap ada kesempatan.

Saya menyarankan kamu untuk memulai dengan membaca keseluruhan buku ini dari awal hingga selesai terlebih dahulu, baru setelah itu kamu dapat membaca dan mengulang kembali dari bagian manapun yang kamu inginkan.

Buku ini juga disertai MP3 audio yang berisikan contoh setiap latihan yang ada. Silahkan meng-copy konten file MP3 ke dalam gadget kamu untuk akses yang lebih mudah. Idealnya, kamu memulai setiap sesi latihan dengan pemanasan selama beberapa menit, baru setelah itu kamu bisa melakukan latihan dari topik manapun, misalnya latihan head voice, latihan vibrato dan sebagainya. Latihanlah di tempat yang tidak berisik dan bebas gangguan. Lakukan latihan secara rutin, boleh setiap hari, boleh tiga kali seminggu, yang mana yang nyaman bagi kamu. Yang penting lakukan secara rutin dan jangan memaksakan suara kamu dan berikan waktu istirahat yang cukup. Untuk materi latihan yang lebih banyak lagi kamu bisa membeli CD Senam Vokal dari VokalPlus, dan menginstal aplikasi 7 Minute Vocal Warm Up yang tersedia untuk android dan iPhone.

Jika kamu menginginkan lebih banyak lagi informasi dan pelajaran vokal, kamu dapat mengakses banyak sekali video tutorial saya di YouTube channel VokalPlus. Silahkan melakukan pencarian di YouTube, semua topik rasanya sudah saya bahas di channel tersebut. Saya juga akan mencantumkan judul video yang bersangkutan dengan topik bahasan dalam buku ini di beberapa bagian nanti. Jangan lupa subscribe di channel YouTube VokalPlus ya!

Jika kamu seorang pemula

Mungkin kamu seseorang yang baru ingin memulai menjelajahi dunia nyanyi, jika iya, saya ucapkan selamat lagi! Kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat seru. Topik bahasan di buku ini memang melebar ke berbagai topik lain selain cara bernyanyi, namun saya bisa pastikan semua topik itu akan bermanfaat bagi seorang pemula sekalipun. Saran saya, banyak melatih latihan vokalisi yang ada di buku ini, khususnya pernafasan dan pemanasan, untuk membangun instrumen vokal kamu. Yang kedua yang wajib kamu lakukan adalah menyanyi sesering mungkin. Nyanyi adalah kegiatan fisik. Semua kegiatan fisik jika tidak biasa dilakukan akan terasa sulit. Jadi langkah paling baik di awal perjalanan seorang pemula adalah dengan nyanyi, bermain dan bereksperimenlah dengan suaramu.