Pembukaan

Halo singers! Terima kasih telah membeli buku ini. Saya bera- sumsi, kamu adalah seseorang yang keren, kreatif, sangat menyukai musik, khususnya musik vokal, dan haus akan ilmu dan ingin belajar lebih jauh.

Selamat! Karena buku ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk meraih tujuan kamu itu.

Salah satu profesi yang paling diminati dalam bidang musik adalah penyanyi. Suka atau tidak, penyanyi adalah figur yang menjadi garis depan atau wajah suatu penampilan musik, kecuali tentu jika musik yang dimaksud adalah musik instrumental. Dalam genre musik pada umumnya seperti rock dan pop, penyanyilah yang mengemban tugas membawakan lirik lagu, dan mengekspresikan- nya melalui kata-kata. Dalam musik jazz, vokalis juga sering meng- gunakan suaranya untuk berimprovisasi, terkadang melakukan scat singing dan menggunakan suaranya untuk menirukan alat musik seperti saxophone dan trumpet.

Seiring dengan perubahan jaman, berubah pula tantangan yang dihadapi seorang penyanyi. Dulu, satu-satunya jalan agar penyanyi didengar adalah dengan tampil di depan pendengarnya secara live, baik itu di Gereja, di panggung teater, di gedung konser, dan sebagainya. Sewaktu muncul radio dan televisi, penyanyi berlomba-lomba tampil di sana agar musiknya mendapat banyak pendengar. Sekarang lebih banyak jalan bagi penyanyi untuk didengar, tidak hanya di lingkungan terdekatnya, melainkan didengar oleh mereka yang ada di luar negeri tanpa harus keluar biaya promosi yang besar, cukup dengan upload musik dan video mereka di internet. Facebook, YouTube, Soundcloud, dan Instagram, adalah beberapa situs berbagi yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan pendengar dan fans. Begitu juga dengan industri profesional, dulu album rekaman dijual dalam bentuk kaset dan CD, sekarang dalam bentuk digital, baik download resmi maupun streaming di iTunes, Spotify, dan lain sebagainya. The game has changed! Oleh karenanya, penyanyi dan musisi harus selalu memperbarui diri.

Saya telah mengajar musik dan melatih vokal sejak awal tahun 2000, dengan begitu banyak murid dari berbagai latar belakang. Saya pernah mengajar musik dan vokal di sekolah umum, tempat kursus musik, di perguruan tinggi musik, hingga berbagai program kom- petisi bakat di televisi. Penyanyi yang saya latih juga cukup beragam. Dari penyanyi hobi hingga profesional. Dari usia 7 tahun hingga 70 tahun. Jadi saya bisa katakan bahwa kamu ada di tangan yang tepat ketika membaca buku ini. Selain mengajar, saya juga telah cukup lama menjalani profesi sebagai musisi profesional. Dalam buku ini, selain pelajaran bernyanyi, saya juga akan berbagi soal berbagai hal menarik seputar pengalaman saya bekerja di industri musik Indo- nesia. Buku ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi tentang teknik bernyanyi yang baik dan benar, tetapi juga untuk menjadi panduan lengkap bagi setiap penyanyi masa kini. Semoga kamu mendapatkan manfaat dari sini, dan saya mendoakan kesuk- sesan untuk kamu. Selamat bernyanyi dan berkarya.